3 Tips Sederhana Cara Menulis Rencana Bisnis yang Pendek tapi Efektif
Foto: www.businessnewsdaily.com
Apakah Anda berencana untuk terjun ke bisnis? Apakah Anda memiliki gagasan bahwa Anda yakin bisa memecahkan masalah yang ada di masyarakat dan mengubah industri? Salah satu cara untuk memastikan bisnis Anda bertahan dan berkembang adalah memiliki rencana bisnis. Ini adalah panduan untuk bisnis Anda. Ini adalah peta jalan yang bisa Anda ikuti untuk memastikan kesuksesan wirausaha. Ini menunjukkan tujuan dan rencana Anda untuk mencapainya. Hari ini, Anda bisa menulis rencana bisnis singkat, ringkas dan efektif. Tidak seperti hari-hari lama, rencana bisnis Anda bisa sesingkat satu halaman dan tetap sangat efektif. Anda tidak hanya menghemat waktu Anda, sebuah rencana bisnis singkat memungkinkan Anda untuk segera merujuk ke bagian manapun dari rencana tanpa membolak-balik halaman materi. Rencana bisnis tradisional antara 75 sampai 100 halaman. Mereka membosankan untuk membaca dan bahkan lebih sulit untuk disebutkan. Untungnya, rencana bisnis singkat diterima di industri ini. Berikut adalah cara menulis sebuah rencana bisnis yang singkat namun efektif.
Mulailah dengan deskripsi bisnis
Ini harus selalu menjadi bagian pertama dari rencana bisnis Anda. Ini menggambarkan tujuan bisnis Anda. Ini juga menunjukkan perkembangan yang telah Anda buat sejauh ini. Pada bagian ini, tunjukkan apa yang Anda lakukan di bisnis Anda setiap hari dan juga apa yang Anda harapkan di masa depan. Jelaskan produk atau layanan Anda dan elemen yang Anda yakini adalah keunggulan kompetitif Anda di industri niche Anda. Berusahalah untuk bersikap sekuat mungkin saat Anda menulis bagian rencana bisnis Anda ini. Ini menginformasikan pembaca tentang bisnis Anda. Ini juga menetapkan nada singkat namun komprehensif untuk sisa dokumen.
Bagian analisis pasar
Setiap pemilik bisnis harus selalu melakukan beberapa analisis pasar sebelum mereka memulai usaha mereka. Analisis ini juga bisa disebut sebagai riset pasar. Ini mengharuskan Anda untuk mengidentifikasi jenis orang yang bisa membeli produk Anda. Penelitian pasar yang tepat berisi rincian seperti umur, lokasi, profesi, asosiasi dan rincian lainnya tentang sifat tersebut. Ketika Anda melakukan analisis pasar, Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang target pelanggan target Anda dan juga bagaimana Anda dapat mendekati dan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.
Analisis pesaing
Setiap bisnis memiliki beberapa kompetisi. Ini adalah pebisnis lain di niche Anda. Banyak orang tidak suka mengakui persaingan. Namun, sangat penting untuk mempelajari calon pesaing Anda. Identifikasi siapa yang bisa Anda hadapi saat memasuki pasar. Lihatlah berbagai karakteristik pesaing Anda dan amati bagaimana hal itu dapat mempengaruhi bisnis Anda. Strategi menang dalam melakukan analisis pesaing adalah dengan berpose sebagai pelanggan mereka. Dapatkan produk mereka dan menilainya sendiri. Identifikasi kelemahan dan kekuatannya. Anda dapat menemukan beberapa kelemahan yang akan mudah bagi Anda untuk mengeksploitasi dan muncul lebih sukses daripada pesaing Anda. Selain itu, Anda akan dapat membandingkan bisnis Anda dengan pesaing Anda dan mungkin mengidentifikasi beberapa kualitas yang dapat memberi Anda beberapa keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing Anda.
Analisis keuangan
Last but not least, Anda harus menunjukkan analisis keuangan bisnis Anda. Ini adalah bagian yang sangat penting dari rencana bisnis Anda. Ini mengkaji aliran uang saat ini dalam bisnis Anda atau di masa depan yang dirasakan. Banyak pemilik bisnis sangat terintimidasi dengan melakukan analisis keuangan. Berdiri dari yang lain dan mengambil risiko. Bagian khusus ini menunjukkan jika bisnis Anda menguntungkan atau tidak. Selain itu, ini menunjukkan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda atau tetap menjalankannya. Maknanya memungkinkannya menjadi faktor konklusif dalam rencana Anda.
Mengapa rencana bisnis yang lebih pendek disukai hari ini?
Ada beberapa alasan mengapa pebisnis didorong untuk memiliki rencana bisnis yang lebih pendek. Pertama, dokumen singkat ini memudahkan bisnis diluncurkan lebih cepat. Rencana bisnis singkat mengharuskan semua informasi tentang bisnis Anda dikompres menjadi format yang mudah dibaca. Hal ini berbeda dengan rencana bisnis tradisional yang cukup panjang dan butuh waktu lama untuk ditinjau.
Rencana bisnis singkat bagus karena ide bisnis Anda bisa berubah cukup pesat dalam beberapa bulan pertama setelah peluncuran. Dengan demikian, yang pendek mudah untuk update secara real time. Pembacanya akan dapat melihat perubahan yang telah Anda lakukan saat membacanya. Apalagi, rencana bisnis singkat sangat cocok untuk promosi bisnis Anda. Anda dapat benar-benar menyerahkannya kepada masing-masing investor Anda dan mereka akan mengikuti logika Anda dengan mudah.
Rencana bisnis singkat mudah dibaca dan dimengerti oleh tim Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami visi dan tujuan yang Anda miliki untuk perusahaan Anda dan naik ke kapal tanpa ragu sedikit pun. Agar Anda bisa mencapai rencana bisnis singkat, Anda harus memiliki tujuan yang sangat spesifik. Masing-masing memiliki strategi yang mendukungnya. Dengan demikian, tim Anda dapat dengan mudah mencatat spesifikasi ini dan mengetahui peran mereka dengan cepat. Ini berkontribusi secara cepat untuk memulai bisnis Anda dengan cepat.
Rencana bisnis singkat bisa membangkitkan minat seputar bisnis Anda jauh lebih cepat daripada yang lama. Hal ini disebabkan oleh poin langsung dan konten yang mudah dimengerti. Selain itu, saat Anda melakukan pengujian dan pengembangan produk Anda, rencana bisnis singkat memungkinkan Anda menahan biaya rendah. Hal ini karena setiap aspek di dalamnya telah dihemat dan dikurangi sampai minimum. Ini mendorong pengujian biaya yang efektif dan pengembangan lebih lanjut. Keuntungan yang masuk akal dari jenis rencana bisnis ini adalah sifatnya yang pendek mencegah Anda untuk mengklaim panjang dokumen sebagai alasan untuk tidak menerapkannya dan mencapai landasan.
Yang Penting Take Away
Salah satu langkah awal memulai bisnis adalah menulis rencana bisnis. Ini adalah kompas yang memandu bisnis Anda maju ke masa depan yang Anda inginkan untuk itu. Secara tradisional, rencana bisnis adalah dokumen yang panjang dan membosankan. Hari ini, Anda bisa menulis yang pendek tapi efektif. Petunjuk di atas menunjukkan cara menulisnya. Mereka adalah pedoman ideal tentang bagaimana menghasilkan sebuah rencana bisnis yang singkat dan sangat efektif dalam membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.
Sumber: greatperformersacademy.com
3 Tips Sederhana Cara Menulis Rencana Bisnis yang Pendek tapi Efektif
Reviewed by Suhendra
on
2:00 AM
Rating:
Reviewed by Suhendra
on
2:00 AM
Rating:


Tidak ada komentar: